Sabtu, 17 September 2011

Tips Melamar Pekerjaan

Tips Melamar Pekerjaan

Mencari pekerjaan sekarang gampang-gampang sudah ya ...
tapi  bila teman - teman baru pertama kali mencari pekerjaan, berikut ini ada tips dalam mencari pekerjaan:


1.Ketahui dahulu minat anda , ingin bekerja yang di dalam kantor seperti administrasi , atau menyukai pekerjaan yang sering keluar kantor seperti bagian Marketing ataupun sales. Ini penting, jangan mempunyai prinsip ," ah..yang penting diterima bekerja dahulu...," . 
Wah, bahaya kalau mempunyai prinsip seperti itu, kalaupun anda diterima bekerja, tentunya bekerja dengan tidak sepenuh hati, akhirnya hasil pekerjaan anda tidak maksimal dan akhirnya atasan anda kecewa , bahkan masa percobaan 3 bulan pun tidak lulus.
Yang paling mengetahui potensi diri anda adalah anda sendiri. Apabila anda menyukai bertemu dengan banyak orang , suka berkumpul dan bercerita, ngak betah lama - lama di rumah,wah mungkin teman -teman cocok dengan pekerjaan di bagian marketing atau sales, dan tentunya tidak cocok dengan pekerjaan administrasi yang seharian di dalam kantor dan berkutat dengan angka dan laporan.
2. Cari lowongan sebanyak mungkin. Gimana mencarinya? biasanya di koran nasional atau daerah, banyak perusahaan memasang iklan disana di hari Sabtu. Tinggal beli dan cari sesuai dengan minat anda. Atau di internet juga banyak situs yang memuat lowongan pekerjaan, salah satunya Jobsdb.com.
Atau yang lagi populer ini di situs linkedin.com. Biasanya para jobhunter (pencari/pemburu tenaga kerja) mencari tenaga kerja yang kompeten di situs itu.
Atau kalau mau nekad dan keluar biaya, ya kirim saja surat lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, misal anda membidik ingin bekerja di perusahaan farmasi di bagian Marketing, maka kirim saja surat lamaran pekerjaan anda ke banyak perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, misal kirim ke PT Kalbe Farma, PT Sanbe Farma, PT Soho dan lain lain , dimana di surat lamaran pekerjaan anda di cantumkan bahwa anda ingin bekerja di bagian Marketing sesuai dengan bidang dan latar belakang pendidikan anda, dan bersedia di panggil untuk intervieuw segera.
Ibarat anda melempar segenggam pasir ke dinding, masa sih ngak ada beberapa butir pasir yang memantul balik ke arah anda lagi? Kalau anda mengirim banyak surat lamaran untuk open position ( posisi yang belum anda ketahui apakah ada lowongan / tidak di perusahaan tersebut ), masa sih ngak ada satu atau dua yang berhasil menggoda bagian HRD untuk menelepon balik anda untuk intervieuw pekerjaan?
Apabila pintu yang satu tertutup untuk anda, Tuhan masih bisa membukakan pintu yang lain untuk anda, atau bahkan membukakan jendela untuk Anda...Jadi , jangan mudah menyerah ya....(bersambung)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar