Minggu, 18 September 2011

Tips Melamar Pekerjaan (Bagian 2)

Saya bekerja di sebuah perusahaan distributor farmasi terkemuka di Indonesia. Pekerjaan saya merangkap juga di bagian HRD. Nah, berdasarkan pengalaman saya di bagian HRD, berikut ini kesalahan yang dapat saya simpulkan dari berbagai surat lamaran yang masuk ke meja saya, yang seharusnya teman- teman hindari:
1. Surat lamaran ditulis dengan tangan
Waduh..ini bukannya apa-apa ya teman, tapi kayaknya hari gini zamannya internet, namun masih ada juga yang menulis surat lamaran dengan tulisan tangan...bukannya ngak boleh sih..tapi terus terang kalau saya membaca surat lamaran yang menggunakan tulisan tangan kadang butuh ekstra sabar karena tulisan tangannya ngak kebaca....lain soal kalau sudah diketik dengan komputer...saya bisa menilai ada kemauan dari si calon pelamar untuk mencoba rapi, tampil beda, serius ingin bekerja.
Untuk CV( Daftar Riwayat ) itu kan memuat riwayat pengalaman anda bekerja , nah akan lebih baik ditulis dengan ketikan komputer, dan jangan lupa diceritakan pengalaman kerja anda, makin detail makin bagus, jangan irit atau seadanya yang malah bisa menimbulkan kesan anda tidak serius untuk melamar pekerjaan.

2.Ini dia nih biang keroknya banyak pelamar ngak dapat panggilan intervieuw..kebanyakan surat lamaran yang saya terima memang mencantumkan nomor handphone di amplop surat lamaran...tapi eh kok malah lupa nulis ulang nomor Hape nya di Daftar Riwayat Hidup atau di Surat lamarannya....karena biasanya HRD akan membuka satu persatu surat lamaran yang masuk, dimana amplop nya langsung dipisahkan dan dibuang, sehingga bila surat lamaran tersebut tidak ada no Hapenya karena hanya mencantumkan no Hape di amplop surat, wah susah nih HRD nya menghubungi anda....kelihatannya sepele...namun banyak sekali surat lamaran yang seperti itu...waduh sayang kan bila ngak bisa dipanggil gara-gara ngak bisa dihubungi...

3. Tulis data  surat lamaran sejujurnya
Kami sangat menghargai kejujuran data surat lamaran. Misal persyaratan surat lamaran kami menerima calon karyawan maksimal berumur 28 tahun, tapi banyak kejadian dimana tahun kelahiran yang tercantum pada fotocopy KTP atau fotocopy ijazahnya sengaja  di tipe-Ex, diganti dengan tahun 1983 biar usianya terlihat pas 28 tahun ( padahal sebenarnya udah 30 tahun  ^_^; )
Wah kalau dari pertama udah ketahuan bohongnya, bagaimana nanti kalau udah jadi karyawan tetap ya.....tolong berusaha jujur...
4. Apabila Anda mendapatkan panggilan, nah tolong tanyain apakah ada sesi Psikotest. Apabila ada, maka siapkan diri anda sebaik mungkin untuk menghadapi psiko test. Banyak tips tentang bagaimana cara mengahadapi psikotest di toko buku Gramedia. Anda baca, latihan, karena ngak semua orang yang bisa sekali psikotest langsung lulus.....saran saya ya tetap lah latihan...karena apabila anda gagal di psikotest walaupun wawancara dengan End User nya bagus...besar kemungkinan anda tetap ditolak untuk bekerja...jadi jangan menganggap sepele Psikotest...perannya sangat besar dalam menentukan keberhasilan anda....saking pentingnya, malah perusahaan tertentu yang ngak ada Psikolog nya, menyewa tenaga Psikolog dari Luar untuk mengetes calon karyawannya apakah memenuhi syarat atau tidak.

5. Tetap kirim surat lamaran sebanyak-banyaknya
walaupun anda tahu diperusahaan tersebut belum membutuhkan pegawai baru, karena biasanya HRD akan menampung surat lamaran yang masuk ke perusahaannya sebagai Bank Data, agar apabila ada karyawannya yang mendadak keluar/resign, maka bagian HRD tinggal membuka Bank Datanya, dimana salah satunya kemungkinan surat lamaran yang telah anda kirim dibaca lagi dan anda pun bisa di panggil untuk interviuew.


6.Usahakan Alamat anda dan Alamat Perusahaan yang ingin anda lamar yang tercantum pada Amplop surat lamaran anda di tempel dengan KETIKAN KOMPUTER , bukan dengan tulisan tangan,hal ini dimaksudkan agar amplop surat lamaran anda tampil beda dengan amplop surat lamaran orang lain. Ingat, masih banyak orang yang memiliki prinsip : "Judge The Book From Its Cover..".Tampilan Amplop Surat Lamaran mencerminkan isi surat lamaran di dalamnya....Jangan Lupa mencantumkan posisi jabatan yang hendak anda lamar di sudut kanan /kiri atas di amplop surat lamaran....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar