Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Wawancara Pekerjaan (2)

Pertanyaan wawancara dalam intervieuw pekerjaan yang sering ditanyakan adalah mengapa anda ingin keluar dari perusahaan dimana sekarang anda bekerja, atau mengapa anda sudah keluar dari perusahaan yang lama. User/ si pewawancara ingin mengetahui latar belakang anda ingin mencari pekerjaan yang baru.
Tipsnya adalah jangan pernah anda menjawab alasan anda ingin mencari pekerjaan yang baru adalah dengan menjelek-jelekkan perusahaan yang lama tempat anda bekerja, menjelek-jelekkan sifat atasan anda yang lama yang tidak manusiawi menurut anda, menjelek-jelekkan kesejahteraan yang pernah anda dapat di perusahaan yang lama. Ingat, bagaimanapun , anda dulu pernah mencari sesuap nasi di tempat pekerjaan yang lama, rasanya tidak bijak bila anda memuntahkan kejelekan perusahaan lama anda di depan si pewawancara yang baru 5 menit anda kenal.Aib perusahaan lama jangan dibuka selebar - lebarnya di hadapan pewawancara, hal tersebut dijamin tidak akan menimbulkan simpati dari mereka, malahan mereka akan bertanya dalam hati kalau bos nya saja dijelek2kan, apalagi kita nanti yang akan menjadi bosnya.
Pertanyaan lainnya yang sering muncul dalam wawancara adalah berapa gaji yang anda harapkan. Sebenarnya, tanpa mereke bertanya pun , mereka sudah mempunyai standar batas atas dan batas bawah suatu posisi jabatan. Misal , untuk gaji seorang Supervisor , batas bawahnya 3 juta, batas atasnya 4 juta. Jadi, mereka ingin tahu berapa gaji yang anda harapkan, kalau anda menyebutkan 3.5 juta, maka masih masuk range gaji standar mereka sehingga tahap wawancara masih bisa dilanjutkan. Saran saya , sebutkan lah saja angka gaji yang ingin anda dapatkan daripada anda menjawab dengan jawaban klise,"yah, sesuai dengan standar perusahaan saja."
Jawaban tersebut menunjukkan anda seorang yang tidak berani out of the box, hanya mencari amannya saja.Kemukakan saja angkanya dan jangan lupa disertai alasan kenapa anda minta angka segitu, misal karena pengalaman kerja anda, skill anda, ongkos transport yang jauh dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar