Kamis, 13 Oktober 2011

Dalam Melamar Pekerjaan, Pengalaman Bukan Syarat Mutlak

Persyaratan pengalaman kerja adalah salah satu faktor yang membuat orang agak takut saat mengisi surat lamaran kerja. Hal ini disebabkan karena para pencari kerja yang baru saja lulus kerja ( fresh graduate) memang belum memiliki pengalaman kerja.
Hal ini tentu dapat membuat mereka menjadi takut atau minder lalu enggan saat memutuskan mencoba melamar pekerjaan.
Sebenarnya, kunci utama dalam melamar pekerjaan adalah anda harus mengetahui hal - hal yang diinginkan oleh perusahaan.
Pada umumnya, perusahaan membutuhkan calon karyawan yang dapat berkontribusi langsung, dalam hal ini pengalaman kerja yang diinginkan dalam persyaratan pekerjaan, belum tentu merupakan pengalaman pekerjaan di perusahaan lain, tetapi pengalaman yang berkaitan dengan bidang industri yang akan digeluti.
Misalnya, jika Anda yang baru fresh graduate ingin mencoba melamar pekerjaan di perusahaan advertising, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda mempunyai kemampuan seperti pernah menang lomba mengambar , melukis, menang lomba mengkreasikan iklan, menang lomba menulis karangan di suatu majalah dan lain sebagainya, karena biasanya perusahaan Advertising membutuhkan designer grafis atau copy writer.
Oleh sebab itu, dalam melamar pekerjaan, perhatikan kualifikasi yang diinginkan perusahaan tersebut.Tidak sedikit perusahaan lebih suka mencari sarjana fresh graduate daripada yang berpengalaman, karena bisa dididik dari nol agar dapat dikembangkan secara maksimal potensinya agar di kemudian  hari dapat berkontribusi maksimal, dan juga agar dapat dididik sesuai dengan visi misi perusahaan.

Disarankan untuk Anda yang masih duduk di bangku kuliah. cobalah dari sekarang untuk tidak hanya terpaku pada buku teks saja. 
Tak ada salahnya Anda mulai mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler atau mengikuti kegiatan suatu organisasi lainnya yang dapat mengasah kreativitas dan prestasi Anda sehingga dapat memberikan suatu nilai tambah pada pengalaman hidup Anda, yang di kemudian hari, dapat Anda gunakan sebagai hal yang dapat menjadi 'nilai jual' Anda saat mencari lowongan pekerjaan.

Salam sukses untuk Anda....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar